Icon
Icon
Icon
Icon
Icon
Icon

Jam Atom, Tahukah Anda ??

15.32
0 komentat


Sebuah produk jam terbaru yang dinamakan jam atom dikabarkan mempunyai tingkat keakuratan dua kali lebih jika dibandingkan dengan produk jam pada umumnya. Jam ini dipergunakan untuk mengatur zona waktu internasional dan sistem satelit. Jam atom adalah sebuah jenis jam yang menggunakan standar frekuensi resonansi atom sebagai penghitungnya. Jam atom awal adalah maser dengan peralatan lainnya. Maser adalah sebuah amplifier (penguat) yang membentuk gelombang elektromagnetik koheren disebabkan oleh emisi buatan.
Dari sejarahnya, istilah ini berasal dari "microwave amplification by stimulated emission of radiation." Ini mengarah ke penemuan laser optik. Namun, sekarang banyak materi yang dibuat secara besar-besaran mencakup spektrum lebar radiasi elektromagnetik, bukan hanya di pita (band) microwave. Jenis maser ini sering disebut sebagai laser microwave atau maser microwave. Ini untuk membedakan dari, sebagai contoh, maser radio atau laser radio, yang bekerja dalam daerah frekuensi radio (dan sering hanya disebut sebagai maser atau sekali-sekali raser). Standar frekuensi atom terbaik sekarang ini berdasarkan fisika yang lebih maju melibatkan atom dingin dan air mancur atomik.

National Institute of Standards and Technology - NIST (Lembaga Nasional Standar dan Teknologi Amerika Serikat) mempertahankan keakuratan 10-9 detik per hari, dan ketepatan yang sama dengan frekuensi radio pemancar yang memompa maser. Jam ini mempertahankan skala waktu yang stabil dan berkelanjutan, yaitu Waktu Atom Internasional (International Atomic Time) (TAI). Untuk penggunaan masyarakat, skala waktu lainnya digunakan, Coordinated Universal Time (UTC). UTC diturunkan dari TAI, tetapi disinkronisasi dengan lewatnya hari dan malam berdasarkan pengamatan astronomikal.
Jam atom pertama dibuat pada 1949 di National Bureau of Standards A.S. Jam atom pertama yang akurat, berdasarkan transisi dari atom caesium-133, dibuat oleh Louis Essen pada 1955 di National Physical Laboratory di Britania. Hal ini menyebabkan persetujuan internasional yang menjelaskan detik sebagai dasar dari waktu atomik.
Pada Agustus 2004, ilmuwan NIST mempertunjukkan sebuah jam atom skala-chip. Menurut para periset, jam ini seukuran seperseratus dari jam lainnya yang telah ada sebelumnya. Dan mereka menyatakan bahwa jam ini hanya memerlukan 75 milliwatt, membuatnya cocok untuk aplikasi yang menggunakan baterai. Jam radio modern menggunakan jam atom sebagai referensi, dan menyediakan sebuah cara mendapatkan waktu yang disediakan oleh jam atom berkualitas tinggi di wilayah yang luas dengan menggunakan perlatan yang tidak mahal.
Para penciptanya menjamin bahwa kemungkinan keterlambatan yang terjadi pada jam ini hanya satu detik dalam kurun waktu 300 juta tahun. Spesifikasinya hampir sama dengan jam jenis atom stratium seperti yang pernah dikenalkan oleh University of Colorado. Namun kelebihan dari jam atom terbaru ini adalah mempunyai kemampuan memanfaatkan kekuatan alam, memiliki ketepatan waktu yang konsisten serta terdapat getaran atom setiap detik berjalan.
Isi dari jam atom adalah sebuah microwave cavity (lubang resonansi) yang berisi gas terionisasi, sebuah oscillator microwave tertala (tunable), dan sebuah feedback loop yang digunakan untuk menyetel oscillator ke frekwensi yang paling tepat dari karakteristik absorpsi (penyerapan) yang ditentukan oleh perilaku masing-masing atom.

Sekian dulu yang dapat saya bagi,,,,
thx ya,,,
jangan lupa feedbacknya ya,,,,

If You Enjoyed This Post Please Take a Second To Share It.

You Might Also Like

Stay Connected With Free Updates

Subscribe via Email

0 komentat: